Jumat, 03 Februari 2017

Cara Menangani Dispenser yang Bocor

Dispenser juga berfungsi sebagai lemari pendingin dengan menghasilkan air dingin atau air panas sehingga buat kita tidak repot repot lagi untuk memasak air di kompor apabila kita membutuhkan air panas atau kita juga tidak perlu lagi membeli teko untuk menyimpan air mineral yang bersih, steril dan sehat.  Selain praktis, mudah dan ekonomis dalam penggunaannya, Dispenser juga dapat berfungsi sebagai pengganti termos untuk menghasilkan air panas apabila kita membutuhkannya.

Kerusakan ini dapat disebabkan selang bocor. Kabel ties(pengikat selang) putus, kran tidak menutup sempurna, atau galon bocor halus.
Perhatikan dari mana datangnya kebocoran. Jika didalam dispenser, Cek pada selang dan kabel ties.
Jika kebocoran dari luar ada kemungkinan galon bocor halus, Biasanya terjadi pada galon isi ulang.


Untuk mengetahui apakah kebocoran pada galon atau bukan,anda bisa mencoba menggunakan botol air mineral ukuran 1,5L, Isi penuh dengan air biasa dan pasang pada dispenser.
Perhatikan apakah  ada tetesan air didalam dispenser. Bila tidak ada tetesan air dapat dipastikan masalah pada galon yang bocor halus.



Jika kebocoran terjadi pada kran yang tidak menutup sempurna. Buka pemutar kran, Cek pada karet sil.
Kadang-kadang di area ini, Kotoran mengendap dan mengganjal sil,sehingga air masih tetap mengalir meski hanya berupa tetesan.

Kesimpulannya :
 Kebocoran dispenser yang terjadi bisa lewat galon yang baru saja kita ganti rusak atau bocor bahkan kebocoran dispenser juga bisa lewat selang – selang kecil yang mengarah ke arah corong penampung air mineral sehingga aliran air mineral  tidak berjalan secara lancar yang juga perlu  kita perhatikan adalah tuas tuas keran yang telah lama kendor, rusak ataupun tidak bisa dipakai lagi sehingga memerlukan perbaikan atau pergantian awal yang membuat kebocoran kecil terhenti dan memperlancar pengambilan air minum.

Jika kita melakukan pemeliharaan  dispenser secara dini atau sewaktu kita melakukan pembersihan pada dispenser di rumah kita ada baiknya jika kita melakukan pemeriksaan ulang sehingga ini akan memperkecil resiko kebocoran yang terjadi pada dispenser tidak semakin meluas atau kita juga perlu berhati – hati  sewaktu kita membeli galon air apakah galon air yang kita telah beli itu bagus atau sudah rusak? karena itu akan berpengaruh pada pemeliharaan dispenser air mineral kita yang ada di rumah.

Apapun  jenis dispenser yang kita punyai dirumah pemeliharaan dan pencegahan kebocoran dispenser adalah sama. Kita perlu memeriksa secara teliti dispenser kita yang berada di rumah agar kita dapat mencegah kebocoran kecil secara dini selain itu, pemeliharaan dan pencegahan penting kita lakukan agar dispenser awet dan tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar